Keluarga pasien mengadukan buruknya pelayanan di RSUD dr Pirngadi Medan ke Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin (Foto: iNews/Said Ilham)

DELISERDANG, iNews.id – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan masih kerap dikeluhkan warga. Seorang pasien penderita pembengkakan hati, Budi Hartono (45), asal Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), tidak mendapat pelayanan selama di rumah sakit milik Pemkot Medan itu.

Hal ini terungkap saat Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD dr Pirngadi Medan. Keluarga pasien penderita pembengkakan hati itu langsung mengadukan pelayanan rumah sakit kepada Eldin.

Sambil menangis, keluarga pasien menceritakan, tenaga medis dan dokter tidak serius menangani abang kandungnya selama dua minggu dirawat di RSUD dr Pirngadi. Mereka hanya meminta keluarga dan pasien bersabar tanpa segera melakukan penanganan. Bahkan, dokter spesialis yang memvonis abangnya terkena penyakit pembengkakan hati, sedang berlibur.

“Hampir dua minggu abang kami dirawat di sini. Pihak rumah sakit cuma bilang, sabar ya, sabar ya. Enggak tahan kami menengok kondisi abang kami. Katanya sudah komplikasi, pembengkakan di hati,” kata Anum di RSUD dr Pirngadi Medan, Selasa (2/1/2018).

Anum mengatakan, jika dokter RSUD dr Pirngadi Medan sudah tidak mampu menangani abangnya, mereka ingin mendapat rujukan ke rumah sakit lain. Mereka ingin Budi Hartono mendapat penaganan maksimal. “Kami ingin bawa abang berobat ke Rumah Sakit Adam Malik Medan, tetapi tidak bisa dirujuk karena dokter yang menangani tidak ada dan sedang libur,” kata Anum.

Mendengar keluhan Anum, Dzulmi Eldin sempat emosi kepada manajemen rumah sakit. Bahkan, Dzulmi memerintahkan Direktur Utama (Dirut) RSUD dr Pirngadi Medan Suryadi Panjaitan menegur jasa dokter yang bersangkutan, bahkan memecatnya. “Saya sudah menghubungi dirut untuk memecat dokter tersebut. Saya meminta hal-hal seperti ini cepat ditangani pihak Rumah Sakit Pirngadi,” ujarnya.

Selain itu, Eldin meminta manajemen RSUD dr Pirngadi Medan untuk segera merujuk pasien ke RSUP H Adam Malik Medan. Dia juga meminta maaf kepada keluarga pasien atas pelayanan rumah sakit yang tidak maksimal. “Saya meminta hal demikian tidak terjadi lagi di Kota Medan,” tutur Dzulmi.

Sementara keluarga pasien yang mendapat penjelasan dari Dzulmi Eldin, berharap pihak RSUD dr Pirngadi Medan segera menindaklanjutinya. “Kami mohon pak, jangan buat lagi kami menunggu,” ujar Anum.


Editor : Dony Aprian

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network