12 Dosen USU Terkonfirmasi Positif Covid-19, 1 Orang Meninggal Dunia

Ahmad Ridwan Nasution ยท Senin, 27 Juli 2020 - 14:43 WIB
12 Dosen USU Terkonfirmasi Positif Covid-19, 1 Orang Meninggal Dunia
USU lockdown setelah 12 dosennya positif terkonfirmasi Covid-19. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Sedikitnya 12 Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan salah satunya, yakni dosen asal Fakultas Teknik meninggal dunia akibat Covid-19.

Merespons hal tersebut, USU menerapkan lockdown di lingkungan kampus berdasarkan surat edaran Nomor 3969/un5.1/r/kpm/2020. Isi edaran tersebut, Rektor USU Runtung Sitepu menutup sementara aktivitas kampus mulai Senin (27/7/2020) hari ini hingga 2 Agustus mendatang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan Mardohar Tambunan mengatakan, saat tim di lapangan masih melakukan tracing terhadap klaster USU karena sebelum dinyatakan positif Covid-19, Rektor  sempat bertemu kepala daerah Deliserdang dan meninjau ujian UTBK.

"Pak Rektor masa isolasinya sudah selesai. Alhamdulilah sudah sembuh. Langkah saat ini ada beberapa dosen dan staf yang positif namun semua dalam kondisi stabil. Ada yang dirawat di rumah sakit maupun isolasi di rumah. Untuk USU total ada 12 dosen," ujar Mardohar, Senin (27/7/2020).

Dari ke-12 dosen yang positif ini di antaranya Rektor USU Runtung Sitepu yang telah sembuh dan Wakil Rektor I USU Rosmayati serta suaminya yang merupakan anggota Majelis Wali Amanat USU.

Sementara korban meninggal yakni Muhammad Haikal Karana Sitepu, dosen Fakultas Teknik. Almarhum meninggal dunia dengan hasil tes swab menggunakan metode PCR menunjukkan positif Covid-19.


Editor : Donald Karouw