120 TKI Gelombang Ketiga dari Malaysia Tiba di Lokasi Karantina Eks Bandara Polonia

Stepanus Purba ยท Jumat, 10 April 2020 - 16:30 WIB
120 TKI Gelombang Ketiga dari Malaysia Tiba di Lokasi Karantina Eks Bandara Polonia
Petugas dengan APD lengkap saat menyemprotkan disinfektan ke tubuh dan barang bawaan TKI dari Malaysia setiba di eks Bandara Polonia Medan. ( Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Sedikitnya 120 tenaga kerja Indonesia (TKI) gelombang ketiga dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Jumat (10/4/2020). Selanjutnya mereka dibawa ke lokasi eks Bandara Polonia Medan untuk menjalani karantina.

Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto mengatakan, pada hari ini sesuai koordinasi antara Pemprov Sumut dan TNI, dalam hal ini Lanud Soewondo, akan menerima dan menangani kedatangan TKI dari Malaysia. 

"Ini rombongan kedua dari gelombang ketiga TKI yang datang ke Medan. Pada flight ketiga ini ada sebanyak 120 TKI, sebelumnya yang kemarin 135 TKI. Nanti sore juga masih ada satu flight lagi yang akan datang," katanya kepada wartawan, Jumat (10/4/2020).

Danlanud menjelaskan, tanggung jawab melaksanakan karantina bagi ratusan TKI dari Malaysia merupakan misi kemanusiaan.

"Mereka ini saudara-saudara kita yang datang dari Malaysia. Kami terima di sini tentunya melalui protokol kesehatan yang sudah ada. Mereka ditampung sementara di Bandara Polonia sebelum pulang ke daerahnya masing-masing," katanya.

Menurutnya, para TKI hanya akan menjalani karantina sementara selama beberapa hari. Kemudian isolasi lanjutan akan dilakukan di daerah asal mereka.

"Jadi para TKI ini juga harus mengikuti prosedur yang dijalankan petugas. Petugas juga sudah dilengkapi APD sehingga kegiatan ini diharapkan berjalan lancar," kata Danlanud.


Editor : Donald Karouw