121 Petugas KPU Medan Reaktif Covid-19 Hasil Rapid Test

Ahmad Ridwan Nasution ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 19:01 WIB
121 Petugas KPU Medan Reaktif Covid-19 Hasil Rapid Test
Suasana saat persiapan rapid tes ribuan petugas PPDP yang akan bertugas pada Pilwalkot Medan 2020. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Sedikitnya 121 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan bertugas untuk Pilkada Medan 2020 dinyatakan reaktif Covid-19 hasil rapid test. Mereka langsung diganti dan akan menjalani tes lanjutan.

Ketua KPU Medan Agussyah Damanik mengatakan, sebelumnya telah melakukan rapid test massal terhadap 4.294 PPDP. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatan petugas sebelum turun lapangan untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data para pemilih.

Hasil tes menunjukkan ada 121 petugas dinyatakan reaktif. Namun hasil tidak akan mempengaruhi pelaksanaan pemutakhiran data pemilih. Sebab mereka yang reaktif langsun digantikan posisinya dengan petugas baru.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas untuk tindak lanjut hasil ini. Mereka yang reaktif akan menjalani tes lanjutan dan diganti petugas baru," ujarnya.

Diketahui, para PPDP ini akan mulai bertugas mulai Rabu (15/7/2020) hari ini hingga 13 Agustus mendatang. Dalam tugasnya, mereka akan mendatangi satu per satu pemilih dari rumah ke rumah untuk coklit. Sebagai pencegahan penularan Covid-19, para petugas akan dilengkapi alat pelindung diri (APD) tipe satu, yakni masker, pelindung wajah dan sarung tangan.


Editor : Donald Karouw