2 Pejabat Puskesmas di Paluta Terjaring OTT Polda Sumut

Stepanus Purba ยท Selasa, 10 Agustus 2021 - 16:46:00 WIB
2 Pejabat Puskesmas di Paluta Terjaring OTT Polda Sumut
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Polda Sumatera Utara (Sumut) menangkap kepala dan bendahara Puskesmas Hutaimbaru, Padang Lawas Utara (Paluta). Dua orang yang diamankan yakni Kepala Puskemas Herpiyani dan Bendaraha Kasma Dewi Ritonga. 

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan kedua orang tersebut diamankan petugas terkait dugaan pungutan liar (pungli) dan pemerasan terhadap bidan desa terkait penerimaan Bantuan Operasi Kesehatan (BOK) untuk setiap puskesmas di Paluta. 

Hadi mengatakan kedua orang tersebut diamankan tim Saber dan Tipikor Polda Sumut, Senin (9/8/2021). Keduanya ditangkap di Puskesmas Hutaimbaru, Kabupaten Paluta. 

"Dari tangan tersangka kami mengamankan barang bukti uang tunai Rp13,9 juta," kata Hadi, Selasa (10/8/2021). 

Dalam operasi tangkap tangan (ott), keduanya diamakan terkait dugaan pemerasan terhadap bidan desa yg menerima BOK yang dilakukan oleh kepala puskesmas. Masing-masing bidan desa menerima jumlah BOK bervariasi di kisaran mulai Rp1,5 juta sampai Rp2,7 juta.

"Sementara pemotongan sampai dengan 80 persen dari jumlah yang diterima," ucapnya. 

Apabila bidan desa tidak memberikan sejumlah yang diminta dari BOK tersebut maka rekening yang bersangkutan diblokir. Kondisi tersebut membuat bidan desa tidak bisa mencairkan BOK. 

"Sampai saat ini BOK yang telah diberikan dan diterima adalah sampai triwulan I sampai dengan III," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: