2 Tersangka Polisi Gadungan Tewas di Tahanan Polsek Sunggal, Keluarga Lapor LBH

Ahmad Ridwan Nasution ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 14:48:00 WIB
2 Tersangka Polisi Gadungan Tewas di Tahanan Polsek Sunggal, Keluarga Lapor LBH
Kantor Polsek Sunggal. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Dua polisi gadungan yang merupakan tersangka kasus pencurian dengan kekerasan tewas di sel tahanan Polsek Sunggal. Identitas keduanya yakni Rudi Efendi (40) dan Joko Dedi Kurniawan (36).

Keluarga yang merasa ada kejanggalan atas kematian keduanya tak terima dan mengadu ke lembaga bantuan hukum (LBH). Mereka menduga keduanya jadi korban penganiayaan selama berada di sel tahanan.

Istri almarhum tersangka Joko, Unarsih mengatakan, suaminya tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Namun secara tiba-tiba dia diberitahu jika suaminya telah meninggal pada 24 September. Sementara adiknya, yakni tersangka Rudi meninggal seminggu setelahnya pada 2 Oktober.

"Saya dapat kabar (suami) sudah gak ada. Meninggalnya di penjara bukan di rumah sakit. Saya merasa janggal," katanya, Selasa (6/10/2020).

Keluarga mengadukan kejadian ini kepada LBH Medan untuk mengusut tuntas kasus dugaan penganiayaan terhadap kedua tahanan tersebut.

Sementara itu, Wakil Direktur LBH Medan Irvan Saputra mengatakan telah menerima mengaduan dari keluarga. Informasi keluarga ini nantinya akan ditindaklanjut dengan laporan polisi atas dugaan pelanggaran kode etik dan tindak pidana penganiayaan.

"Kami terima laporan pengaduan dari masyarakat anggota keluarganya meninggal tak wajar. Suami dan adiknya meninggal di tahanan Polsek Sunggal. Kami selanjutnya akan buat laporan polisi atas dugaan penganiayaan serta tidak profesional anggota dalam kasus ini," katanya.

Diketahui, sebelumnya kedua tersangka ditangkap anggota Polsek Sunggal pada 10 September silam. Polisi mengamankan delapan orang termasuk kedua korban. Dalam melancarkan aksinya, kedua tersangka menjadi polisi gadungan untuk mengelabui korban.


Editor : Donald Karouw