26 Desa di Mukomuko Bengkulu Masuk Zona Merah Tsunami

Antara ยท Kamis, 21 November 2019 - 16:04 WIB
26 Desa di Mukomuko Bengkulu Masuk Zona Merah Tsunami
Ilustrasi tsunami. (Foto: Sindonews)

MUKOMUKO, iNews.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memetakan sebanyak 26 desa di daerah ini masuk zona merah ancaman bencana tsunami. Desa-desa yang tersebar di sejumlah kecamatan itu dekat dengan sepanjang pesisir pantai.

“Setelah kami petakan, sebanyak 26 desa di daerah ini yang berada dekat sepanjang pesisir pantai dan berpotensi lebih besar terkena ancaman bencana tsunami dibandingkan desa lain,” kata Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko Syahrizal, Kamis (21/11/2019).

Pemkab Mukomuko melalui BPBD setempat hampir setiap tahun melakukan berbagai kegiatan di desa yang masuk zona merah tsunami. Salah satunya, simulasi bencana tsunami.

 

BACA JUGA:

Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulawesi Utara, Ini Daerah Berpotensi Kena Tsunami

Hilang sejak 2018, Mobil Terseret Tsunami Palu Ditemukan di Pantai Tondo

 

BPBD juga membentuk desa siaga bencana. Sampai sekarang, pemerintah provinsi dan pemkab telah membentuk sebanyak 10 desa siaga bencana di 10 desa yang masuk zona merah tsunami.

“Pemerintah provinsi sebelumnya membentuk sebanyak empat desa tangguh bencana dan tahun ini rencananya akan membentuk sebanyak enam desa tangguh bencana,” katanya.

Dia juga menyebutkan, enam desa tangguh bencana di daerah ini, yakni Desa Pelokan, Desa Pasar Sebelah, Desa Bandar Ratu, Desa Air Dikit, Desa Dusun Baru V Koto dan Pasar Mukomuko.

Pada 2020, katanya, pemkab berencana kembali membentuk sebanyak empat desa yang masuk dalam zona merah ancaman bencana alam tsunami ini sebagai desa tangguh bencana.

Pemkab berencana tidak hanya membentuk sebagian desa yang masuk dalam zona merah ancaman bencana tsunami. Semua desa sepanjang pesisir pantai yang rawan terkena ancaman bencana alam gempa bumi disusul dengan tsunami juga akan masuk dalam zona merah.


Editor : Maria Christina