27 Anggota DPRD Pematangsiantar Berstatus ODP Korona usai Kunker dari Bali

Dharma Setiawan ยท Senin, 16 Maret 2020 - 19:22 WIB
27 Anggota DPRD Pematangsiantar Berstatus ODP Korona usai Kunker dari Bali
Gedung DPRD Kota Pematangsiantar sepi aktivitas menyusul dikarantinanya 27 anggota Dewan karena berstatus ODP korona. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id – Sebanyak 27 anggota DPRD Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara saat ini berstatus orang dalam pemantauan (ODP) virus korona. Puluhan wakil rakyat itu diisiolasi di rumah masing-masing selama 14 hari pascapulang kunjungan kerja (kunker) dari Bali.

Akibat banyaknya anggota Dewan yang dkarantina, aktivitas di Gedung DPRD Kota Pematangsiantar, Senin (16/3/2020) tampak sepi. Sejumlah ruangan komisi dan ruangan rapat gabungan sepi tanpa kehadiran anggota Dewan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Pematangsiantar, dokter Erika Silitonga mengatakan, penetapan status ODP terhadap 27 anggota Dewan itu untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus korona pasca kepulangan anggota Dewan dari Bali beberapa hari yang lalu.

“Ya betul, jadi 27 anggota DPRD Pematangsiantar yang kemaren berkunjung ke Bali masuk dalam ODP. Itu berdasarkan saat berada di Bali. Kalau sekarang itu, ODP orang yang berkunjung ke daerah terjangkit. Di Indonesia itu seperti Jakarta, Jateng, Bali, Cirebon, Solo,” katanya, Senin (16/3/2020).

Dia mengatakan, penetapan status ODP terhadap 27 anggota DPRD itu mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus korona. Saat ini para wakil rakyat itu disarankan untuk dikarantina rumah masih masing selama 14 hari ke depan.

“Istilahnya mereka dikarantina selama 14 hari. Kita rekomendasikan untuk tidak beraktivitas keluar, memakai masker, dan petugas kesehatan datang ke (rumah) mereka,” ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki