3 Buaya Masih Berkeliaran di Sungai Sangga Lima Langkat, Warga Diminta Waspada

Stepanus Purba ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 11:46:00 WIB
3 Buaya Masih Berkeliaran di Sungai Sangga Lima Langkat, Warga Diminta Waspada
Buaya Muara yang ditangkap warga Sangga Lima, Kecamatan Gebang, Langkat mati di penangkaran, Kamis (7/1/2021). (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Sebanyak tiga ekor buaya muara saat ini masih berkeliaran di Sungai Sangga Lima, Desa Sangga Lima, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat. Warga diminta hati-hati saat beraktivitas di kawasan Sungai Sangga Lima. 

Kepala Seksi Wilayah II, Langkat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Herbert Aritonang mengatakan berdasarkan keterangan warga masih ada buaya lainnya di Sungai Sangga Lima. 

"Dari informasi warga, saat ini masih ada tiga buaya muara lainnya di Sungai Sangga Lima," ucap Herbert, Jumat (8/1/2021). 

Herbert mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pencarian terhadap ke tiga buaya tersebut. Selain itu, pihaknya juga berharap masyarakat untuk aktif memberikan informasi terkait keberadaan buaya tersebut, 

"Koordinasi kami dengan penduduk Desa Sangga Lima," ucapnya. 

Disinggung soal populasi buaya di sana, menurut masyarakat setempat kata Herbert kemunculan buaya hanya berkisar 40 hari belakangan saja. Namun, dilihat dari karakter sungai tersebut menurut Herbert lokasi itu merupakan habitat yang cukup baik untuk buaya.

Sejauh ini, belum ada ditemukan telur buaya di sekitar lokasi penangkapan buaya tersebut. Masyarakat hanya menemukan ada buaya dewasa lain di Sungai tersebut yang berukuran sama dengan buaya yang sudah ditangkap.

Editor : Stepanus Purba