3 Ruko di Pematangsiantar Terbakar, 1 Orang Tewas

Antara ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 12:36 WIB
3 Ruko di Pematangsiantar Terbakar, 1 Orang Tewas
Petugas damkar saat memadamkan kobaran api di bangunan ruko yang terbakar. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Kebakaran melanda sejumlah bangunan ruko berlantai tiga di Jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Rabu (25/3/2020) dini hari. Peristiwa ini merenggut satu korban jiwa yang terjebak kobaran api.

Kebakaran menghanguskan tiga bangunan ruko yang membuka usaha bahan pokok, perlengkapan sembahyang serta praktik dokter dan distributor Harian Analisa. Total kerugian akibat kejadian ini diperkirakan sekitar Rp1 miliar.

Kapolsek Siantar Barat Iptu Esron Siahaan mengatakan, api berawal dari ruko milik Kho Siang Lang (60) yang tewas dalam peristiwa tersebut.

"Jenazah korban selanjutnya dibawa ke RSUD dr Djasamen Saragih untuk visum dan kepentingan penyelidikan," ujarnya, Rabu (25/3/2020).

Saksi di lokasi Jevon (25), warga Jalan dr Wahidin Pematangsiantar mengatakan, dia awalnya dihubungi Anthony Candra Wijaya (25) anak dari Kho Siang Lang untuk membantu memadamkan api.

Saksi melihat api sudah membakar ruang tengah di lantai bawah, tepatnya bagian belakang tempat sembahyang. Selanjutnya saksi mengajak Anthony ke luar bangunan.

Namun orang tua perempuan Anthony, Kho Siang Lang malah nekat masuk ke dalam ruko dan tidak lagi terlihat ke luar.

Sementara, delapan unit pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota dan PT STTC memadamkan api dan penyemprotan pendinginan sampai pukul 09.00 WIB.

Untuk menjangkau lantai atas, petugas pemadam kebakaran menggunakan mobil Dinas Tarukim yang memiliki tangga berpenggerak mesin. Penyebab kebakaran ini masih dalam penyelidikan petugas.


Editor : Donald Karouw