4 Porter di Bandara Kualanamu Ditangkap, Diduga Bongkar Koper dan Curi Uang Penumpang

Stepanus Purba ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 16:52 WIB
4 Porter di Bandara Kualanamu Ditangkap, Diduga Bongkar Koper dan Curi Uang Penumpang
Keempat porter terduga pelaku yang membongkar koper dan mencuri uang milik penumpang di Bandara Kualanamu. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Polisi menangkap empat petugas porter salah satu maskapai penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut). Mereka diduga membongkar koper milik penumpang dan mencuri uang Rp34,8 juta yang ada di dalamnya.

Kasatreskrim Polres Deliserdang mengatakan, identitas keempat porter yang diamankan yakni Surya Kristian Ketaren (27) warga Namo Langkat, Boy Roganda Manurung (29) warga Pasar Melintang Lubukpakam, Joel Edgar Rucarda Purba (26) warga Kecamatan Raya Kahayan, Simalungun dan Alfan Pardamean Sibarani (30) warga Pasar Melintang Lubukpakam.

"Saat ini mereka berempat telah kami tahan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Kasus ini bermula saat Lina (40) warga Jalan Permata, Kompleks Permata Indah Pekanbaru, Riau baru tiba di Bandara Kualanamu. Dia diminta petugas maskapai untuk mengambil koper bagasi hitam di area conveyor.

Namun setelah mengambil koper, korban terkejut melihat slot kunci sudah rusak sehingga tak dapat dipergunakan. Korban lantas mengecek isi dalam koper dan mendapati uang Rp34,8 juta yang dia simpan telah raib.

Selanjutnya korban melaporkan hal tersebut ke Kantor Laporan Pelayanan Kehilangan Barang. Infortmasi kehilangan diteruskan petugas Avsec Bandara Kualanamu ke maskapai yang kemudian menindaklanjutinya.

"Korban yang merasa keberatan juga membuat pengaduan ke Polsek Beringin untuk proses penyidikan lebih lanjut," katanya.

Hasil pemeriksaan terhadap saksi-saksi, penyelidikan aksi pencurian ini mengarah kepada keempat terduga pelaku. Selajutnya petugas mengamankan sebuah koper kabin warna hitam, sehelai rompi safety first warna hitam lis orange dan uang tunai milik korban Rp34.800.000.


Editor : Donald Karouw