DESTINASI

5 Danau Ajaib yang Bisa Berubah Warna di Indonesia

Vien Dimyati ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 18:04 WIB
5 Danau Ajaib yang Bisa Berubah Warna di Indonesia
Danau di Indonesia bisa berubah warna (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Indonesia sungguh memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Ada banyak panorama alam di Indonesia yang dapat memikat wisatawan untuk berkunjung. Mulai dari pegunungan, pantai, hingga budaya yang memiliki daya pikat tersendiri.

Salah satu pemandangan alam fenomenal yang dapat membuat wisatawan takjub yakni keunikan danau yang dapat berubah warna.

Keajaiban ini mampu memikat wisatawan untuk datang. Lantas, seperti apa penampakan danau yang bisa berubah warna di Indonesia? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @ayodolan, Kamis (2/1/2020).

Danau Kelimutu

Danau yang terletak di Moni, Flores ini dikenal memiliki tiga danau kawah dengan warna berbeda. Ajaibnya lagi, warna ketiga danau tersebut bisa berubah-ubah tanpa ada yang bisa memprediksi. Danau Kelimutu bisa berubah warna menjadi biru, merah, dan hitam. Menurut kepercayaan suku Lio, kawah Gunung Kelimutu merupakan tempat bersemayam arwah orang-orang yang sudah meninggal.

Danau Linow

Danau yang berada di Tomohon ini memiliki luas mencapai 35 hektare. Danau ini berbeda dari yang lain. Terdapat belerang yang membuat warna danau bisa berubah-ubah menjadi tiga, yaitu hijau, kuning, dan cokelat. Jika Anda berjalan ke tepian danau, bau belerang akan sangat tercium.

Danau Telaga Warna

Telaga warna sangat populer di kalangan wisatawan. Danau ini terletak di Dieng dan memiliki warna hijau lumut, kuning, hingga hijau toska. Kadang, danau ini juga bisa terlihat berwarna-warni seperti pelangi. Fenomena unik Danau Telaga Warna yang bisa berubah itu disebabkan oleh tingginya tingkat sulfur yang ada di dalam danau.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey di Bandung merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Air danau kawasan Kawah Putih mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca. Air di danau ini bisa berubah warna dari hijau apel, kebiru-biruan, coklat susu hingga berwarna putih. Bahkan, terkadang di atas danau disertai kabut tebal.

Danau Linting

Danau yang berada di Deliserdang ini juga memiliki keunikan bisa berubah warna. Air danau tersebut terkadang menampakkan warna biru jernih, lalu lambat laun berubah menjadi biru pekat. Kemudian, bisa berubah lagi menjadi hijau. Masih belum jelas kenapa warna danau ini bisa berubah-berubah. Danau ini memiliki suhu sekitar 30 derajat celsius.


Editor : Donald Karouw