5 Perampok Bersenjata Tajam Beraksi di Dairi, 4 Orang Ditangkap dan Diamuk Massa

Irwansyah Sitepu ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 18:36 WIB
5 Perampok Bersenjata Tajam Beraksi di Dairi, 4 Orang Ditangkap dan Diamuk Massa
Pelaku perampokan bersenjatan tajam saat akan berada di Polres Dairi, Kamis (2/7/2020). (Foto: Irwansyah Sitepu)

DAIRI, iNews.id - Sebanyak lima perampok bersenjata tajam menyatroni salah satu rumah warga di Desa Batu Gungun, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Kamis (2/7/2020) siang. Aksi mereka terbilang nekat dan terencana dengan mengancam pemilik rumah menggunakan pisau.

Namun saat dalam pelarian, warga menangkap empat pelaku, sedangkan seorang lagi berhasil lolos. Mereka yang tertangkap diamuk massa hingga nyaris tewas.

Kapolres Dairi AKBP Leonardo Simatupang mengatakan, para pelaku ini beraksi di rumah warga bernama Bandar Tarigan. Mereka masuk melalui pintu belakang rumah pukul 13.30 WIB. Setelah berada di dalam, para pelaku langsung menggasak brangkas berisi uang dan barang berharga.

Ketika hendak keluar rumah usai beraksi, pemilik rumah terbangun dan melihat aksi mereka. Namun salah satu pelaku langsung mencekik korban dan mengancam menggunakan pisau.

Selanjutnya mereka bersiap melarikan diri dengan mobil milik korban dan kali ini pembantu rumah yang melihat aksi mereka dan sontak berteriak meminta tolong.

Teriakannya didengar warga yang langsung melakukan pengejaran. Dalam pengejaran tersebut, empat orang tertangkap dan langsung dihakimi massa. Selanjutnya warga menyerahkan keempat pelaku kepada polisi untuk diproses hukum.

"Inisial para pelaku ini yakni AP, SZ, MS dan AJS. Mereka ini semuanya residivis," ujar Kapolres saat ekspose kasus di Mapolres Dairi.

Sementara seorang pelaku lagi berinisial IS dan masih dalam pengejaran. Selain keempat pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti satu unit mobil Avanza, sebuah brankas berisi uang tunai Rp5.500.000, pisau dan obeng.

Para pelaku kini mendekam dalam sel tahanan Polres Dairi.Mereka dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.


Editor : Donald Karouw