7 Hektare Hutan Lindung di Taput Ditebang Liar, Pemerintah Akan Tindak Tegas

Aries Fernando Manalu ยท Rabu, 02 September 2020 - 18:05 WIB
7 Hektare Hutan Lindung di Taput Ditebang Liar, Pemerintah Akan Tindak Tegas
Pembalakan liar di hutan lindung Desa Simorangkir, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara. (Foto: Aries Fernando Manalu)

TAPANULI UTARA, iNews.id - Aksi pembalakan liar terjadi di kawasan hutan lindung Desa Simorangkir, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut) Selasa (1/9/2020). Seluas tujuh hektare pohon hutan lindung ditebang dan dijual yang berakibat kawasan tersebut menjadi tandus.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Taput Heber Tambunan mengatakan, sesudah keluarnya Peraturan Bupati Nomor 28 Tahun 2017 pada Juli lalu, pemerintah daerah konsisten untuk menertibkan seluruh penebangan pohon. Mereka wajib mengurus surat areal pengguna lain (SAPLl)

"Untuk lokasi penebangan sudah pernah kami lakukan penyelidikan dan hentikan. Namun karena keterbatasan aparat, jadi kami tidak bisa setiap hari kunjungi dan lakukan sidak,” ujar Heber, Selasa (1/9/2020).

Menurutnya, seluas tujuh hektare pohon hutan lindung yang berdiri hingga ratusan tahun telah ditebang oknum tak bertanggung jawab. Salah satunya berinisial DA.

“Sampai saat ini tidak ada satu pun yang izin untuk melakukan penebangan termasuk DA,” katanya.

Heber berjanji akan segera menindak aksi penebangan liar di kawasan Desa Simorangkir. Mereka akan merangkul instansi dan aparat penegak hukum untuk menghentikan aktivitas penebangan hutan yang melanggar peraturan Bupati Taput Nomor 28 Tahun 2017 tentang Pelestarian Hutan Lindung.


Editor : Donald Karouw