8 Orang Terkonfirmasi Positif, Keuskupan Agung Medan Jadi Klaster Baru Covid-19

Ahmad Ridwan Nasution ยท Senin, 20 Juli 2020 - 15:54 WIB
8 Orang Terkonfirmasi Positif, Keuskupan Agung Medan Jadi Klaster Baru Covid-19
Keuskupan Agung Medan di Jalan Imam Bonjol yang menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Keuskupan Agung Medan yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Medan, Sumatera Utara. Status tersebut menyusul delapan orang terkonfirmasi positif hasil tes PCR, salah satunya Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung.

Gugus Tugas saat ini bersama Keuskupan terus melakukan tracing terhadap kontak erat dalam klaster tersebut.

"Untuk Keuskupan itu kami sudah ketahui ada delapan yang positif. Di sana yang tinggal 10 orang, dua hasil tesnya negatif," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Medan Mardohar Tambunan, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, saat ini Uskup Agung dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Martha Friska. Dia sudah masuk ke RS sejak 13 juli silam dan kondisinya kini stabil. 

"Selain Uskup Agung Medan, tujuh lainnya yang positif Covid-19 yakni empat orang pastor dan tiga pekerja di Keuskupan," katanya.

Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung diketahui sejak 1 Juli beberapa kali melakukan perjalan dan pertemuan dengan umat di sejumlah daerah, termasuk di Kota Pematangsiantar dan Dairi. Saat ini, mereka yang kontak erat dengan uskup maupun pastor diminta untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pantauan iNews, Gedung Keuskupan Agung Medan saat ini ditutup untuk umum. Para pekerja maupun masyarakat umum dilarang memasuki areal Keuskupan. Bahkan beberapa petugas tampak menyemprotkan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona.


Editor : Donald Karouw