Abaikan Protokol Kesehatan, Ratusan Warga Gunungsitoli Berdesakan Ambil BST

Iman Jaya Lase ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 11:32 WIB
Abaikan Protokol Kesehatan, Ratusan Warga Gunungsitoli Berdesakan Ambil BST
Ratusan warga berdesakan di Kantor Pos Gunungsitoli untuk mengambil BST, Selasa (26/5/2020) pagi. (Foto: iNews/Iman Jaya Lase)

GUNUNGSITOLI, iNews.id - Ratusan warga berdesakan di Kantor Pos Gunungsitoli, Sumatera Utara, untuk menerima bantuan sosial tunai (BST). Walau menggunakan masker, masyarakat tampak mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 untuk menjaga jarak.

Pantauan iNews, petugas Kantor Pos Gunungsitoli tampak berulang kali mengingatkan warga untuk menjaga jarak. Kendati demikian, warga mengabaikan imbauan petugas dan berlomba untuk bisa cepat masuk ke dalam dan mencairkan BST sebesar Rp600.000.

Kepala Kantor Pos Kota Gunungsitoli Akdin Samosir mengatakan, sejak awal sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 untuk pembagian BST. Untuk mencegah kerumunan, kantor pos sudah membuat jadwal bagi warga yang akan datang.

"Kami sudah buat jadwal kedatangan setiap desa. Namun banyak masyarakat yang belum waktu datang juga hadir hingga menciptakan kerumunan," kata Akdin Samosir.

Kantor Pos Gunungsitoli kata Akdin, akan mendistribusikan total 32.222 BST untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Kabupaten di Kepulauan Nias.

"Saat ini kami sudah mendistribusikan BST sebanyak 4.650. Kami sudah menjadwalkan penyaluran untuk menghindari kerumunan warga yang lebih besar lagi," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba