Aksi Heroik BPBD Selamatkan Warga yang Terjebak Banjir Sungai Deli

Rudi Hermansyah ยท Selasa, 07 November 2017 - 19:54 WIB
Aksi Heroik BPBD Selamatkan Warga yang Terjebak Banjir Sungai Deli
Tim BPBD Kota Medan mengantarkan korban yang sakit ke rumah kerabatnya. Warga Jalan Juanda itu sebelumnya terjebak banjir di rumah di Jalan Juanda Medan. (Foto: iNews.id/Rudi Hermansyah)

MEDAN, iNews.idBanjir yang merendam ratusan rumah di Kota Medan, membuat seorang warga Jalan Juanda yang sedang sakit, terjebak di dalam rumah. Warga sekitar segera menginformasikan hal ini kepada petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan yang dengan cekatan menuju lokasi.

Aksi heroik penyelamatan warga yang terjebak banjir dengan perahu karet berlangsung tidak lama. Tim BPBD Kota Medan menyelamatkan warga pinggiran Sungai Deli di Jalan Juanda Medan itu dengan menggunakan tali sebagai pegangan dan penggikat.

Setelah perahu karet menjangkau rumah, petugas BPBD membantu mengeluarkan warga yang sakit melalui jendela kecil di belakang rumah. Korban yang tampak lemas selanjutnya diantarkan ke rumah kerabatnya yang sudah menunggu dan menyiapkan ember untuk mengangkutnya ke tempat aman.

Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring mengatakan, BPBD terus memantau warga yang terjebak banjir dan menyiapkan perahu karet untuk proses evakuasi. Hingga Selasa (07/11/2017), banjir kiriman akibat luapan Sungai Deli dan intensitas hujan yang tinggi, masih merendam ratusan rumah warga. Di sejumlah wilayah, ketinggian air  berangsur-angsur surut.

“Kami tetap memantau kawasan banjir dan memonitor Sungai Deli. Kalau ada yang perlu dievakuasi, kami evakuasi. Kami sudah menyediakan tiga perahu karet. Warga juga sudah ada yang mengantisipasi kalau hujan deras dan siap-siap mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat,” paparnya.


Editor : Maria Christina