Banjir Rendam Jalinsum Pematangsiantar-Medan, Arus Lalu Lintas Lumpuh Total

Dharma Setiawan ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 22:04:00 WIB
Banjir Rendam Jalinsum Pematangsiantar-Medan, Arus Lalu Lintas Lumpuh Total
Ratusan kendaraan terjebak kemacetan panjang di Jalur Jalinsum Pematangsiantar-Medan akibat terendam abnjir. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id - Banjir merendam ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Pematangsiantar-Medan, Sumatera Utara akibat hujan deras, Rabu (2/12/2020) sore. Banjir tersebut mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total.

Hingga malam ini, ratusan kendaraan masih terjebak kemacetan parah. Petugas terpaksa mengalihkan kendaraan ke jalur lain.

Dari rekaman video amatir, warga juga tampak menghalau kendaraan roda empat untuk tidak melintas karena khawatir air terus meninggi.

Pantauan di lokasi, ratusan kendaraan terjebak kemacetan panjang sejak pukul 16.00 WIB. Kendaraan tak bisa melintas akibat tingginya genangan air yang menutupi jalan.

Kasatlantas Polres Pematangsiantar, AKP M Hasan mengatakan, Jalinsum mengalami lumpuh total dan tidak bisa dilalui selama lebih dari tiga jam akibat banjir yang menggenangi Jembatan Sigagak.

“Air sudah hampir menutup badan kendaraan roda empat dan roda dua. kami sarankan warga atau pengendara untuk menunda dulu perjalanan,” katanya.

Dia mengatakan, pengendara yang akan melintas disarankan untuk putar balik atau menunda perjalanannya menuju Medan hingga ketinggian air surut. Selain ruas jalan, sejumlah rumah warga yang berada di pinggir jalan juga terendam banjir.

Editor : Kastolani Marzuki