Banjir Rob Landa Medan, Ribuan Rumah Warga dan Jalan Raya Terendam Air

Yudha Bahar ยท Jumat, 21 Agustus 2020 - 17:05 WIB
Banjir Rob Landa Medan, Ribuan Rumah Warga dan Jalan Raya Terendam Air
Banjir rob yang melanda warga di pesisir Kota Medan, Jumat (21/8/2020) siang. (Foto: iNews/Yudha Bahar)

MEDAN, iNews.id - Banjir rob disebabkan air laut pasang merendam ribuan rumah warga Kota Medan di pesisir pada Jumat (21/8/2020) siang. Ketinggian air bervariasi dengan titik terdalam mencapai hampir sepinggang orang dewasa.

Pantauan iNews, banjir merendam rumah dan Jalan Pelabuhan Raya di Kecamatan Medan Belawan. Beberapa kendaraan baik roda dua maupun roda empat tampak mogok terjebak banjir.

"Bagaimana ini bang, tiap banjir rob rumah ku yang paling menderita. Lihat itu air masuk sampai ke dalam, mau tidur bagaimana kami nanti. Anak sama suami saya mengungsi ke masjid," ujar Nur Aspiati warga setempat.

Dia mengaku sangat membutuhkan bantuan pemerintah karena kondisi banjir ini sudah sering terjadi. Bahkan mereka terbiasa untuk bersiap mengangkat barang berharga agar tidak terendam banjir.

"Apalagi sekarang lagi Covid-19, anak saya kerja dirumahkan. Kalau ada uang enak bisa bangun ini rumah, tapi kondisi seperti ini bagaimana," ucapnya.

Sahrul warga lainnya mengaku sudah menduga terjadinya banjir ini. Sebab dia merasakan angin kencang dengan gelombang tinggi.

"Saya lagi mancing dan lihat angin kencang. Saya sudah pikir ini pasti banjir dan ternyata benar. Kalau sudah seperti ini nanti sore baru akan sedikit surut," katanya.

Selama Agustus, banjir rob telah dua kali melanda tiga kecamatan di Kota Medan maupun wilayah Deliserdang. Air laut pasang ini diduga naik semakin parah hingga permukiman warga lantaran banyak tempat penampungan depo kontainer di kawasan pesisir. Warga berharap pemerintah memperhatikan mereka yang menjadi korban banjir, apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.


Editor : Donald Karouw