Bawa Ganja 82 Kg, Kurir Narkoba Bawa Sajam dan Senpi

Ahmad Husein Lubis ยท Senin, 15 Januari 2018 - 20:35 WIB
Bawa Ganja 82 Kg, Kurir Narkoba Bawa Sajam dan Senpi
Polres Mandailing Natal menggelar keterangan pers terkait hasil mengungkap 82 kilogram ganja. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

MANDAILING NATAL, iNews.id – Tiga kurir narkoba ditangkap anggota Polres Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) saat hendak mengantarkan pengiriman 82 kilogram (kg) ganja kering di Jalur Lintas Sumatera, Kotanopan, Mandina. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan sepucuk senjata api dan sebilah golok yang disiapkan untuk melawan petugas.

Kapolres Mandailing Natal, AKBP Martry Sonny mengatakan, ketiga kurir yakni MR (29), SP (27), dan HH (22) tidak berkutik saat mobil Toyota Avanza yang mereka tumpangi dihadang petugas bersenjata lengkap.

Ganja tersebut dijemput para pelaku dari Desa Rao Rao Dolok, Kecamatan Tambangan, Mandina. “Mereka membeli dari dua orang petani ganja dengan harga Rp5.000 per kilogram (kg) untuk dibawa kepada seorang bandar ganja di Palembang,” kata Martry, Senin (15/1/2018).

Dari hasil interogasi petugas, diketahui MR merupakan seorang kurir yang sudah berpengalaman. Bahkan, sudah lebih dari tiga kali membawa ganja dari Madina menuju Palembang. Sementara dua rekannya hanya berperan membantu MR dalam membawa ganja-ganja tersebut. “Pelaku ini cukup lihai. Dia juga membawa senpi dan sajam sewaktu mengantarkan barang ke Palembang,” kata dia.

Martry menambahkan, jika berhasil mengantarkan ganja ke daerah Palembang, ketiga kurir ini akan memperoleh uang puluhan juta rupiah. “Ketiga kurir ini dijanjikan uang Rp300.000 per kilogram. Dari 82 kilo ganja ini kalau ditotal seluruhnya upah yang mereka peroleh mencapai sekitar Rp24 juta,” katanya.


Editor : Dony Aprian