Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 14 Bal Pakaian Bekas di Sungai Baru Asahan

Stepanus Purba ยท Senin, 13 Juli 2020 - 14:06:00 WIB
Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 14 Bal Pakaian Bekas di Sungai Baru Asahan
Personel gabungan mengamankan 14 bal pakaian bekas dari KM Doa Ibu, di Sungai Baru, Asahan. (Foto: istimewa)

ASAHAN, iNews.id - Penyelundupan 14 bal pakaian bekas digagalkan personel gabungan Bea Cukai dari sebuah kapal di Sungai Baru, Kabupaten Asahan. Selain mengamankan barang bukti, petugas menangkap satu orang tersangka di atas kapal.

Kepala Kantor Kepabean Pelayanan Bea Dan CUkai (KPPBC) Teluk Nibung I Wayan Sapta Dharma mengatakan, pengungkapan penyelundupan ini berawal dari informasi adanya kegiatan pembongkaran ballpress di seputaran Sungai Baru. Setelah mendapatkan informasi, petugas gabungan Bea Cukai Teluk Nibung, Bea Cukai Kantor Wilayah Sumatera Utara (Sumut), Bea Cukai Kanwil Kepulauan Riau, Polairud Polda Sumut, Polres Tanjungbalai, Kodim 0208/Asahan dan Lanal Tanjungbalai Asahan kemudian bergerak menuju lokasi.

Di TKP, petugas berhasil mengamankan satu orang tersangka berinisial ES dan kapal KM Doa Ibu yang berisi 14 bal pakaian bekas.

"ES selanjutnya dibawa menuju ke KPPBC Teluk Nibung untuk diperiksa. Sedangkan kapal berikut dengan 14 bal pakaian bekas diamankan di tempat penimbunan pabean," kata Wayan, Senin (13/7/2020).

Wayan mengatakan pemasukan barang bekas asal luar negeri sudah dilarang pemerintah berdasarkan Undang-Undang nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 12 tahun 2020 tentang Barang Dilarang Impor. Impor pakaian bekas sangat rawan dan berisiko tinggi bagi kesehatan masyarakat karena dapat menjadi media pembawa penyakit termasuk Covid-19.

"Dengan mencegah masuknya pakaian bekas, berarti sudah melindungi masyarakat serta industri dan produk tekstil dalam negeri," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba