Belasan Rumah di Sibolga Terbakar, Diduga Gegera Kompor Meleduk

Raymond ยท Senin, 03 Mei 2021 - 20:54:00 WIB
Belasan Rumah di Sibolga Terbakar, Diduga Gegera Kompor Meleduk
Permukiman penduduk di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Senin (3/5/2021) sore terbakar. (Foto : iNews/Raymond)

SIBOLGA, iNews.id - Kebakaran hebat terjadi di permukiman padat penduduk di Kota Sibolga, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Sumatra Utara (Sumut), Senin (3/5/2021) sore pukul 15.00 WIB. Belasan rumah semi permanen ludes dilalap sijago merah dan penyebab kebakaran diduga akibat kompor meleduk.

Para pemilik rumah terlihat histeris sambil berupaya menyelamatkan harta benda dari dalam rumah meski kobaran api terus membesar. Kencangnya tiupan angin ditambahkan teriknya cuaca membuat kobaran api semakin cepat membakar seluruh bangunan rumah yang umumnya terbuat dari papan.

Lima unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Sibolga yang tiba di lokasi kebakaran berusaha menjinakkan si jago merah. Namun kobaran api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Menurut salah seorang pemilik rumah bernama Adeka Putra, kobaran api pertama kali terlihat dari bagian belakang rumah yang berada paling depan. Asal api berasal dari belakang rumah dan yang terbakar ada sekitar 30-an rumah," ujar Adeka.

Insiden kebakaran ini mendapat perhatian dari Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan yang turun ke lokasi memantau proses pedaman. Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga langsung membangun tenda penampungan untuk korban kebakaran.

"Kita sudah siapkan di penampungan buat korban kebakaran di depan Kantor BKAD. Bila nanti tidak muat akan kita sediakan di depan Kantor DPRD," kata Jamaluddin.

Setelah berjibaku selama hampir satu jam, kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat kompor meleduk dari salah satu rumah yang terbakar. 

Tidak terdapat korban jiwa dalam insiden kebakaran ini dan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Kasus kebakaran ini masih dalam penyelidikan Kepolisian Resort Sibolga.

Editor : InewsTv Henri Sianturi