BMKG Ingatkan Warga Sumut Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang dan Badai Petir

Antara ยท Selasa, 08 September 2020 - 13:23 WIB
BMKG Ingatkan Warga Sumut Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang dan Badai Petir
Ilustrasi hujan lebat. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) mengingatkan masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat. Hujan yang disertai angin kencang dan badai petir diperkirakan melanda sebagian wilayah di daerah ini.

BMKG Sumut menyebutkan, hujan diperkirakan terjadi di wilayah lereng timur, pantai timur, pegunungan, lereng barat dan pantai barat Sumut. Secara umum pagi hari di seluruh Sumut cerah berawan dan siang hari cerah berawan.

"Huja ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah lereng dan Pantai Timur, Pantai Barat serta pegunungan di Sumut," kata BMKG dalam siaran persnya, Selasa (8/9/2020).

Sementara pada sore hingga malam hari, berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir di wilayah lereng dan Pantai Timur, pantai dan lereng Barat, serta di pegunungan Sumut.

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 17 hingga 33 derajat celcius. Kelembaban udara mencapai 60-95 persen dan angin berembus dari timur- Barat Daya dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Sementara prakiraan gelombang laut di Samudera Hindia Barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias sangat tinggi mencapai 4-6 meter.

Gelombang laut di perairan utara Sabang dan Perairan Barat Aceh diperkirakan mencapai 2,5-4 meter. Sementara Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang - Banda Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, dan Perairan Nias-Sibolga diperkirakan 1,25-2,5 meter. Di perairan Lhokseumawe, Selat Malaka Bagian Tengah diperkirakan mencapai 0,0-0,5 meter.


Editor : Maria Christina