BMKG Keluarkan Peringatan Dini di Sumut, Ini Daerah Potensi Hujan dan Badai Petir

Antara · Rabu, 21 April 2021 - 13:06:00 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini di Sumut, Ini Daerah Potensi Hujan dan Badai Petir
Ilustrasi BMKG. (foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk sejumlah wilayah di Sumatra Utara, Rabu (21/4/2021). Dalam peringatan tersebut, BMKG menyebut ada potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir.

Keterangan dari BBMKG Wilayah 1 Medan, potensi hujan lebat hingga sedang dapat terjadi di wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, pegunungan, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Kondisi potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai petir di seluruh wilayah Sumut diperkirakan dapat terjadi pada sore hingga malam hari," tulis BMKG dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021). 

Suhu udara diperkirakan 24-33 derajat celsius, kelembaban udara 60-98 persen, angin berembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Sementara prakiraan gelombang laut di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudra Hindia Barat Aceh, Perairan Nias-Sibolga, Samudra Hindia Barat Nias masuk kategori sedang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter.

Editor : Donald Karouw