BMKG Medan Pantau 3 Titik Panas di Sumut

Stepanus Purba ยท Minggu, 20 Juni 2021 - 13:04:00 WIB
BMKG Medan Pantau 3 Titik Panas di Sumut
Ilustrasi BMKG. (Dokumen iNews.id)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan berhasil memantau tiga titik panas yang tersebar di tiga kabupaten di Sumatera Utara (Sumut). ketiga titik panas tersebut terpantau berdasarkan Sensor Modis. 

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza mengatakan ketiga titik panas tersebut tersebar di Kabupaten Padanglawas (Palas), Tapanuli Tengah (Tapteng), dan Tapanuli Utara (Taput). Ketiga titik tersebut masing-masing berada di Kecamatan Huristak, Lumut, dan Pahae Jahe. 

Terkait kondisi cuaca, BMKG memprediksi sebagai wilayah di Sumut akan dilanda hujan dengan intensitas ringah hingga sedang. Kawasan tersebut di antaranya, Binjai, Langkat, Deliserdang, Simalungun, Karo, Dairi, Samosir, Toba, Taput, Asahan dan Labura.

"Sementara itu, untuk dini hari kondisi cuaca secara umum berawan," kata Defri. 

Sementara itu, suhu udara Sumut berada pada kisaran 22.0 – 32 derajat celsius dengan kelembapan udara 60-90 persen. Sementara angin yang bertiup dari Tenggara ke Barat Laut berkekuatan 5-30 km/jam.

“Gelombang di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Nias masuk dalam kategori tinggi berkisar 2,5-4 meter," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba