BMKG Medan Prediksi Potensi Banjir Rob Landa Belawan hingga 30 April

Stepanus Purba · Senin, 26 April 2021 - 11:35:00 WIB
BMKG Medan Prediksi Potensi Banjir Rob Landa Belawan hingga 30 April
Banjir rob rendam ribuan rumah warga di kawasan pantai pesisir kawasan Medan Utara. (Foto: iNews/Rusli HR)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Belawan mengeluarkan peringatan potensi banjir pasang air laut atau rob yang melanda kawasan pesisir Belawan dan sekitarnya. Potensi banjir rob ini diprediksi bisa melanda hingga 30 April 2021 mendatang. 

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Sugiyono mengatakan kawasan pesisir Belawan berpotensi dilanda banjir akibat pasang Rob mulai dari Minggu (26/4/2021) hingga Jumat (30/4/2021) nanti. Warga yang tinggal di kawasan  diminta meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi dampak banjir. 

"Banjir rob ini bisa mengakibatkan terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisi karena naiknya permukaan air laut," ucapnya. 

Seperti diketahui, banjir pasang di pesisir Belawan lazimnya meredam enam kelurahan di Kecamatan Medan Belawan, yakni Belawan Sicanang, Belawan Bahari, Belawan Bahagia, Belawan Satu, Belawan Dua dan Bagan Deli.

"Selain menganggu aktivitas masyarakat di Belawan, banjir pasang ini juga membuat kegiatan bongkar muat pelabuhan jadi terganggu," katanya. 

Editor : Stepanus Purba