BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi pada 10-15 Januari, Warga Diminta Waspada

Felldy Utama ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 17:02 WIB
BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi pada 10-15 Januari, Warga Diminta Waspada
Iluastasi prakiraan cuaca. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem terjadi dalam rentang waktu antara 10-15 Januari 2020. Kondisi ini dipengaruhi aliran udara basah dari Timur Afrika.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, pergerakan aliran udara basah akan berlanjut pada akhir Januari hingga pertengahan Februari 2020. Masyarakat diimbau agar mewaspadai potensi hujan ekstrem tersebut.

"Siklus berulang pada akhir Januari hingga pertengahan Februari 2020," ujar Dwikorita saat Rapat Koordinasi Banjir Jabodetabek di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (2/1/2020).

BACA JUGA: BMKG: Hujan Lebat di Jabodetabek Berpotensi Terjadi hingga Sepekan ke Depan

Dia mengungkapkan, sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem meliputi, Sumatera bagian tengah, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian Selatan hingga Tenggara.

"Masyarakat kami minta untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang berpotensi terjadi," katanya.

Rapat koordinasi BMKG dengan BNPB dipimpin oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Rapat juga dihadiri Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga serta perwakilan pemerintah pusat dan daerah.


Editor : Donald Karouw