BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Sumut Diguyur Hujan Sepanjang Hari Ini

Stepanus Purba ยท Rabu, 18 Agustus 2021 - 11:17:00 WIB
BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Sumut Diguyur Hujan Sepanjang Hari Ini
Ilustrasi BMKG. (Fpto: Dokumen iNews.id)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi Sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan dilanda hujan, Rabu (18/8/2021). Hujan tersebut akan mengguyur wilayah Sumut sepanjang hari mulai dari intensitas ringan hingga lebat. 

Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto mengatakan kawasa Kepulauan Nias, Serdangbedagai, Asahan, Medan, Deliserdang Batubara, Simalungun, Labuhanbatu Utara dan Langkat akan dilanda hujan di siang hari. 

"Hujan tersebut akan meluas ke wilayah Karo, Pematangsiantar, Samosir, dan Tanjungbalai," kata Hartanto. 

Sore dan malam hari hujan melanda kawasan Tapanuli Tengah (Tapteng), Mandailing Natal, Pakpak Bharat, Dairi, Humbanghansudutan, Simalungun, dan Padangsidimpuan. 

“Dini hari nanti hujan kami prediksi turun di Labura, Labuhanbatu, Asahan, Kepulauan Nias, Serdangbedagai, dan Mandailing Natal,” ucapnya. 

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk waspada potensi hujan lebat di wilayah Lereng Barat, Lereng Timur, Pantai Barat, Pantai Timur Sumut dan Kepulauan Nias.

“Hujan akan disertai petir/kilat,” ucapnya. 

Adapun suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 24 – 33 celsius dengan kelembaban udara 60 – 99 persen. Sementara ituangin yang bertiup dari arah tenggara ke barat laut berkecepatan 10– 30 km/jam.

“Kami juga mengingatkan potensi dampak hujan lebat yang akan mengakibatkan banjir bandang di Sumatera Utara dengan status waspada,” ujarnya. 

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: