BMKG Ungkap Penyebab Gempa Dangkal M 4,5 di Tapanuli Utara

Antara · Kamis, 06 Oktober 2022 - 20:14:00 WIB
BMKG Ungkap Penyebab Gempa Dangkal M 4,5 di Tapanuli Utara
Gempa dangkal Magnitudo 4,5 guncang Tapanuli Utara, Kamis (6/10/2022). (Foto: Ilustrasi/Ist)

MEDAN, iNews.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan penyebab gempa dangkal dengan Magnitudo 4,5 pada kedalaman 2 kilometer (km) di Tapanuli Utara, Kamis (6/10/2022) pukul 15.30 WIB. Gempa dangkal tersebut dirasakan masyarakat di Kota Tarutung.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Hendro Nugroho mengatakan, dari hasil analisis menunjukkan bahwa gempa dengan Magnitudo 4,5 itu episenternya terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Barat Laut Tapanuli Utara.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, kata dia, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Tarutung. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," katanya.

Dia mengatakan, gempa tersebut masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02.28 WIB.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: