BMKG: Waspadai Longsor di Wilayah Pegunungan dan Banjir di Pesisir Sumut

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 12:29 WIB
BMKG: Waspadai Longsor di Wilayah Pegunungan dan Banjir di Pesisir Sumut
Logo BMKG. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat disertai petir untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut). Masyarakat diminta waspada, khususnya di daerah pegunungan, sebagian wilayah pesisir, lereng Timur dan Barat.

"Berpotensi terjadi longsor untuk wilayah pegunungan dan banjir di sebagian wilayah pesisir, lereng Timur dan Barat serta luapan air sungai," tulis BMKG di laman website resmi-nya, Selasa (28/7/2020)

Dalam keterangannya, pada siang hari diperkirakan akan terjadi hujan lebat di Balige dan Panyabungan serta hujan sedang di Teluk Dalam. Sementara malam hari, diperkirakan hujan lebat kembali terjadi di Balige, Kabanjahe, Pematang Raya dan Pematangsiantar.

Hujan pada malam hari dengan intensitas sedang dan ringan juga diperkirakan akan terjadi di Binjai, Dolok Sanggul, Kisaran, Pandan, Panyabungan, Sibolga dan Sibuhuan. Untuk suhu rata-rata di wilayah Sumut mencapai 16-32 derajat celcius dengan tingkat kelembapan berkisar 75-95 derajat celcius.


Editor : Donald Karouw