BNN Temukan Ladang Ganja di Perbukitan Tor Sihite, Total 10 Ton Dimusnahkan

Ahmad Husein Lubis ยท Kamis, 01 Oktober 2020 - 10:08:00 WIB
BNN Temukan Ladang Ganja di Perbukitan Tor Sihite, Total 10 Ton Dimusnahkan
Petugas saat mencabut tanaman ganja untuk dimusnahkan di perbukitan Tor Sihite, Mandailing Natal. (Foto: Ahmad Husein Lubis)

PANYABUNGAN, iNews.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menemukan ladang ganja seluas 6 hektare di Perbukitan Tor Sihite, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Namun dalam penggerebekan tersebut, pemilik ladang kabur saat kedatangan petugas.

Operasi pemberantasan ladang ganja ini dipimpin Direktur Pemberantasan Narkotika BNN Brigjend Pol Aldrin Hutabarat bersama anggota Polres Mandailing Natal (Madina), Brimob Polda Sumut serta pasukan Kodim 0212 Tapanuli Selatan.

Medan yang sulit serta lokasi ladang ganja yang berada di ketinggian 1.017 meter di atas permukaan laut (mdpl) harus dilalui petugas dengan berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam. Tiba di lokasi, petugas menemukan hamparan ladang ganja diperkirakan seluas 6 hektare yang tersebar pada tiga titik. Tanaman ganja yang diperkirakan berusia lima bulan ini lantas dicabut untuk dimusnahkan.

Direktur Pemberantasan Narkotika BNN Brigjend Pol Aldrin Hutabarat mengatakan, penemuan ladang ganja ini setelah petugas BNN bersama warga melakukan penyelidikan selama satu pekan.

"Awalnya ada warga melapor menemukan tanaman ganja di kawasan hutan perbukitan Tor Sihite dan langsung ditindaklanjuti petugas kami," ujarnya, Kamis (1/10/2020).

Total ada sebanyak 25.000 batang tanaman ganja dengan berat mencapai 10 ton yang ditemukan petugas. Tanaman ganja tersebut kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar.

Selain pemberantasan, BNN akan melakukan upaya alternatif development dengan mengajak warga yang bermukim di sekitar perbukitan Tor Sihite untuk tak lagi menaman ganja. Mereka akan diarahkan untuk beralih ke tanaman produktif seperti pisang, nanas dan cabai.


Editor : Donald Karouw