Bocah di Medan Jatuh dari Lantai 5 Rusunawa, Penghuni Tuntut Perbaikan Bangunan

Yudha Bahar ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 14:21 WIB
Bocah di Medan Jatuh dari Lantai 5 Rusunawa, Penghuni Tuntut Perbaikan Bangunan
TKP rusunawa boca terjatuh dari lantai lima gedung yang telah dipasangkan garis polisi. (Foto: iNews/Yudha Bahar)

MEDAN, iNews.id – Puluhan penghuni rumah susun sewa (Rusunawa) Seruwai di Kota Medan, Sumatera Utara, mendatangi kantor pengelola, Jumat (28/2/2020). Mereka menuntut pengelola memperbaiki kerusakan gedung yang diduga menjadi penyebab jatuhnya dua bocah berusia lima tahun dari lantai 5 bangunan.

Aksi spontanitas penghuni rusunawa yang mayoritas kalangan ibu-ibu ini sebagai bentuk kekhawatiran terulangnya kejadian yang sama. Karena banyak anak-anak yang tinggal dalam rusunawa di Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan tersebut.

Bukan tak beralasan, di gedung blok B lantai 4 dan 5 pada bagian tangga tak terdapat tembok pembatas. Hal ini jelas sangat membahayakan penghuni rusunawa, khususnya bagi anak-anak.

“Saya takut sekali. Saya punya anak kecil. Cemas sekali tolonglah ditutup, diperbaiki,” ucap salah seorang penghuni rusunawa.

Wani penghuni Rusunawa Seruwai lainnya mengungkapkan, sudah ada tiga kejadian akibat tangga tanpa tembok pembatas tersebut. Dua korban di antaranya meninggal dunia.

“Kami mau ini segera dibenahi. Orang kantor ini ibarat orang tua kami sebagai penghuni rusunawa. Jangan hanya mau duitnya saja. Sudah ada tiga kali kejadian, jangan sampai ada yang keempat,” kata Wani.

Salah satu pengelola rusunawa Abdul Karim mengaku sangat perihatin dengan musibah yang baru terjadi. Dia juga menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga yang ditinggalkan.

Menurutnya, langkah awal penanganan telah dilakukan pengelola dengan langsung datang mengecek lokasi. Selain itu juga mengukur bagian yang perlu perbaikan.

“Kami perihatin atas kejadian ini. Kami langsung datang cek bagian mana yang harus dibenahi. Kami bahkan sudah ukur. Untuk sementara, akses tangga ini tidak akan difungsikan,” katanya.

Sebelumnya, dua bocah penghuni rusunawa terjatuh dari lantai 5 gedung pada Kamis (27/2/2020) malam. Korban M Pratama Alkahfi meninggal di lokasi kejadian, sedangkan Eldi masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Royal Prima Medan.


Editor : Donald Karouw