Buaya Muara Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap Warga dari Sungai Pematang Serai Langkat

Antara ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 16:03:00 WIB
Buaya Muara Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap Warga dari Sungai Pematang Serai Langkat
Ilustrasi buaya muara. (Foto: Dokumen iNews.id)

LANGKAT, iNews.id - Seekor buaya muara yang kerap muncul di Sungai Pematang Serai, Desa Sangga Lima, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat berhasil ditangkap warga, Senin (4/1/2021). Buaya tersebut ditangkap warga setelah dipancing dengan menggunakan seekor ayam. 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Langkat, Herbert Aritonang mengatakan buaya muara sepanjang 2,5 meter tersebut sudah diserahkan warga ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Langkat. Buaya tersebut ditangkap warga setelah kerap muncul ke permukaan hingga membuat warga khawatir. 

Warga kemudian memancing keluar buaya tersebut dari Sungai Pematang Serai dengan menggunakan seekor ayam. Setelah keluar, buaya tersebut kemudian dijerat warga dan diamankan. 

"Setelah berhasil menangkap, mereka kemudian menyerahkan buaya ini ke BBKSDA untuk dibawa ke penangkaran di Asam Kumbang, Medan," ucap Herbert. 

Saat ini, buaya tersebut tengah dirawat oleh tim dokter hewan BBKSDA Sumut. Pasalnya saat ditangkap warga, pancing yang dijadikan umpat tersangkut dimulutnya. 

Editor : Stepanus Purba