Buaya yang Hantui Warga di Bantaran Sungai Deli Berhasil Ditangkap

Stepanus Purba ยท Selasa, 17 Juli 2018 - 16:52 WIB
Buaya yang Hantui Warga di Bantaran Sungai Deli Berhasil Ditangkap
Ishak menunjukkan buaya yang berhasil ditangkap dari Sungai Deli, Medan, Selasa (17/7/2018). (Foto: iNews/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Warga yang tinggal di kawasan Sungai Deli, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), dihebohkan dengan penangkapan satu ekor buaya. Selama ini, warga merasa dihantui dengan keberadaan buaya di kawasan itu.

Buaya berukuran 1 meter lebih itu berhasil ditangkap setelah masuk dalam perangkap. Warga menduga masih ada sejumlah buaya di Sungai Deli. Pasalnya pada Juni lalu, mereka melihat ada tiga ekor buaya yang berukuran kurang lebih 2 meter tengah berjemur di pinggir Sungai Deli.

Salah seorang warga yang tinggal di daerah tersebut, Ishak (53)  mengatakan, mereka sudah lama mencari dan berencana menangkap buaya di Sungai Deli. Sejak muncul dua minggu lalu di sepanjang sungai, warga setempat selalu resah buaya itu akan menyerang mereka.

“Kami sudah lama memburu buaya ini setelah muncul dua minggu lalu. Setelah kami lihat tadi muncul lagi, kami langsung memasang jerat dan buayanya masuk dalam jeratan sekitar jam 13.30 WIB,” kata Ishak, Selasa (17/7/2018).

Menurut Ishak, upaya penangkapan buaya itu bukanlah yang pertama kali mereka lakukan. Sebelumnya mereka sudah memberikan empat kali umpan untuk memancing buaya masuk dalam perangkap yang sudah disiapkan. Namun, semua upaya itu gagal.

“Dua kali kami tangkap pakai jala yang diumpan dengan bebek, selalu gagal. Lalu, kami umpan dua kali pakai ikan nila, juga gagal. Sekali pakai jala aja dan akhirnya usaha keenam ini tadi pakai bebek berhasil,” ungkap Ishak.

Walaupun sudah berhasil menangkap satu ekor buaya di Sungai Deli, warga setempat belum tenang. Mereka menduga masih ada sejumlah buaya di Sungai Deli yang jauh lebih besar daripada yang berhasil ditangkap.

“Ada yang bilang panjang buaya sekitar 2 meter dan warnanya hitam. Tapi alhamdulillah tidak ada korban yang digigit sampai sekarang, kalau bisa ya jangan sampai,” ujar Ishak.


Editor : Maria Christina