Bupati Sergai Soekirman Positif Covid-19, Dinkes Tracing Keluarga, ASN dan KPU

Fadli Pelka ยท Selasa, 15 September 2020 - 19:49 WIB
Bupati Sergai Soekirman Positif Covid-19, Dinkes Tracing Keluarga, ASN dan KPU
Bupati Sergai Soekirman melakukan tes swab beberapa waktu lalu. (Foto: iNews/Fadli Pelka)

SERDANGBEDAGAI, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Serdangbedagai (Sergai) melakukan tracing atau penelusuran setelah Bupati Sergai Soekirman dinyatakan positif Covid-19. Penelusuran dilakukan terhadap keluarga, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan warga yang melakukan kontak erat dengan bakal calon (balon) bupati petahana Pilkada Serentak 2020 tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Sergai sekaligus Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Sergai, Akmal mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan atau tes swab terhadap sejumlah pejabat pemerintah. Para komisioner dan sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat juga ikut diperiksa.

"Pejabat yang akan diperiksa di antaranya kepala organisasi perangkat daerah (OPD), pejabat pimpinan tinggi (PPT) Pratama, para kepala bagian, direktur RSUD Sultan Sulaiman dan camat se-Kabupaten Sergai. Begitu pula jajaran komisioner dan sekretariat KPU," kata Akmal, Selasa (15/9/2020).

Selain itu, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sergai juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor bupati. Upaya-upaya itu diharapkan dapat memutus mata rantai penularan Covid-19.

Akmal mengatakan, Bupati Soekirman diketahui terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan PCR terst. Saat ini Soekirman dalam keadaan sehat tanpa gejala (OTG). Balon bupati petahana Pilkada Serentak 2020 tersebut saat ini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Medan.

"Sebelumnya, pada 25 Agustus 2020 lalu, Bupati Soekirman masih menjalani tes swab dan hasilnya negatif. Kemarin kembali dilakukan PCR Test dan dinyatakan positif Covid-19," kata Akmal.

Dalam pesannya, Bupati Soekirman mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu yang paling penting, memakai masker, terutama jika warga berada di kawasan zona merah.

“Mohon doa agar saya segera sembuh dan mudah-mudahan dapat kembali bekerja seperti biasa,” pesan Soekirman, sebagaimana disampaikan Akmal.


Editor : Maria Christina