Coblos 5 Surat Suara, Banyak Lansia Mengaku Bingung

Liansah Rangkuti ยท Rabu, 17 April 2019 - 13:42 WIB
Coblos 5 Surat Suara, Banyak Lansia Mengaku Bingung
Warga bingung dengan banyaknya surat suara yang harus dicoblos. (Foto: iNews/Liansah Rangkuti).

MADINA, iNews.id - Banyak lansia (lanjut usia) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut) bingung dengan Pemilu 2019 kali ini. Sebab, ada lima surat suara yang harus dicoblos di balik bilik suara.

Seperti nenek Sannubah (66), warga kelurahan Kotasiantar Panyabungan, Kabupaten Madina, mengaku sangat bingung untuk menentukan pilihannya saat di TPS.

"Ini bagaiman saya buat untuk mencoblos lima kertas suara ini," ujar Sanubah kepada petugas PPS sambil memegang kertas suara dengat raut wajah kebingungan, Rabu (17/4/2019).

Petugas PPS kemudian menerangkan kepada warga, dan lansia yang kebetulan hadir di TPS tersebut. Seorang petugas PPS di TPS 003 Kelurahan Kotasiantar, Ikhwan Sidik Nasution, menjelaskan detail kepada pemilih, khususnya Nenek Sannubah.

"kertas suara yang berwarna abu-abu itu untuk suara presiden, sedangkan merah DPR-RI, kuning untuk DPD-RI, warna biru suara untuk DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten," ujar dia.

Pantauan di lapangan, banyak TPS di Kecamatan Panyabungan banyak warga dari kalangan lansia. Mereka banyak yang meminta tolong kepada petugas PPS untuk tata cara memilih.

"Saya mau pilih Prabowo bagamana sih caranya, sangat sulit saya rasa untuk menentukan pilihan, tidak seperti pemilu sebelumnya" kata nenek Nirmala di TPS 007.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal