Detik-Detik Tersangka Keliling 8 Lokasi untuk Buang Mayat Hakim PN Medan Terekam CCTV

Stepanus Purba ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 11:40 WIB
Detik-Detik Tersangka Keliling 8 Lokasi untuk Buang Mayat Hakim PN Medan Terekam CCTV
Rekaman CCTV milik tetangga saat merekam mobil korban yang dibawa tersangka sedang melintas. (Foto: iNews/Adi Palapa Harahap)

MEDAN, iNews.id – Detik-detik perjalanan tersangka membuang mobil dan mayat Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin terekam sejumlah kamera CCTV. Setidaknya ada delapan titik kamera pengawas yang merekam mobil Toyota Land Cruiser Prado berpelat nomor BK 77 HD warna hitam, berlalu lalang saat dini hari waktu kejadian atau penemuan mayat pada Jumat (29/11/2019).

Dalam rekaman yang diterima iNews, rekaman video dimulai saat tersangka mengendarai mobil milik korban keluar dari rumahnya di Perumahan Royal Monaco, Medan Johor pada pukul 04.00 WIB.

BACA JUGA: Ungkap Motif Bunuh Suami, Istri Hakim PN Medan Menangis saat Reka Ulang Pembunuhan

Polda Sumut membenarkan adanya delapan rekaman video perjalanan tersangka yang membawa mobil dan mayat korban. Mereka terekam keliling sejumlah tempat di Kota Medan untuk mencari lokasi tepat membuang mayat dan mobil korban. Rekaman CCTV ini menjadi salah satu bukti pendukung penyidikan polisi.

Dirkrimum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, pembuangan mayat hakim PN Medan merupakan rencana kedua para tersangka. Mereka sebelumnya telah membuat rencana awal yang sampai saat ini masih belum diungkap penyidik Polda Sumut.

“Yang sudah kita ketahui bersama, pembuangan mayat itu merupakan plan B atau rencana kedua. Untuk rencana pertama, nantilah saat rekonstruksi. Kita akan lihat pada tahan rekonstruksi berikutnya saat tersangka mengeksekusi dan membuang mayat korban,” kata Andi Rian, Selasa (14/1/2020).

BACA JUGA: Istri Hakim PN Medan Janjikan Rp100 Juta untuk Umrah bagi Eksekutor Pembunuh Suaminya

Informasinya, rekonstruksi lanjutan kasus pembunuhan hakim PN Medan tahap dua atau eksekusi akan dilaksanakan Polda Sumut dan Polrestabes Medan pada Kamis (15/1/2020). Di mana sebelumnya, rekonstruksi tahap awal terkait motif dan perencanaan pembunuhan telah dilakukan pada Senin (13/1/2020).


Editor : Donald Karouw