Dirumahkan Sepihak Tanpa Gaji, Puluhan Karyawan RS Herna Medan Gelar Aksi Damai

Stepanus Purba ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 16:05 WIB
Dirumahkan Sepihak Tanpa Gaji, Puluhan Karyawan RS Herna Medan Gelar Aksi Damai
Aksi damai puluhan karyawan Rumah Sakit Herna, Jumat (10/7/2020). (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id- Puluhan karyawan Rumah Sakit Herna, Kota Medan menggelar aksi damai di depan halaman RS tersebut. Aksi ini dilakukan setelah manajemen RS Herna merumahkan mereka secara sepihak.

Rentauli Hutapea, salah satu perawat RS Herna mengatakan, dia bersama 56 karyawan lainnya dirumahkan sejak 2 Juli. Ironisnya lagi, mereka dirumahkan tanpa menerima gaji.

"Kami meminta pertolongan dari pemimpin kami. Kami ini karyawan Rumah Sakit Umum Herna yang mulai tanggal 2 Juli 2020 sudah dirumahkan," kata Rentauli kepada wartawan, Jumat (10/7/2020).

Sebelum dirumahkan tanpa alasan, Rentauli juga mengatakan selama 3 bulan terakhir gaji mereka dipotong secara sepihak oleh manajemen RS. Pada April, gaji mereka dipotong sebesar 50 persen. Kemudian di Mei, gaji mereka dipotong 25 persen hingga  Juni kembali dipotong 50 persen.

"Padahal kami disuruh lockdown hanya 1 minggu. Kami bekerja tiga minggu tapi dibayar 50 persen. Jadi sebenarnya kami sudah membuat pengaduan kepada UPT tingkat satu dan kami harap UPT segera merespons keluhan kami ini dan memberikan perhatian," ucapnya.

Rentauli menambahkan, pada 1 Juli mereka melakukan rapat terkait hal tersebut. Namun, pihak manajemen beralasan pasien sepi akibat Covid-19.

"Pada tanggal 1 Juli yang lalu rapat terkait adanya karyawan yang dirumahkan. Alasannya pasien sepi karena Covid-19. Untuk gaji kami hanya mendapat 50 persen," katanya.

Sementara itu, pihak manajemen saat dijumpai wartawan untuk meminta keterangan terkait aksi itu belum ada yang bisa dikonfirmasi.


Editor : Stepanus Purba