Diterjang Air Laut Pasang Perbani, 15 Rumah Warga di Batubara Roboh

Wahyudi Aulia Siregar ยท Jumat, 25 November 2022 - 18:01:00 WIB
Diterjang Air Laut Pasang Perbani, 15 Rumah Warga di Batubara Roboh
Pemberian bantuan kepada warga terdampak air laut pasang perbani di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. (Foto/ Istimewa)

BATUBARA, iNews.id - Air laut pasang perbani menerjang pesisir Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Akibatnya, 15 unit rumah warga di Dusun Kuala Sipare, Desa Medang, Kecamatan Medan Deras, Batubara roboh disapu air laut, Kamis (24/11/2022).

Pasang perbani (Neap Tide) merupakan fenomena pasang air laut yang terjadi ketika bumi, bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang tinggi yang rendah dan pasang rendah yang tinggi.

Camat Medang Deras Syafrizal mengatakan, 15 rumah yang diterjang air pasang perbani mengalami tingkat kerusakan beragam. Mulai dari rusak ringan hingga berat. 

"Ini kita bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih terus lakukan pendataan untuk warga yang terdampak air pasang ini. Sejauh ini laporan yang kami terima ada 15 rumah terdampak," ujar Syafrizal, Jumat (25/11/2022).

Dia mengaku saat ini mereka mulai menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak. Bantuan yang diberikan di antaranya kebutuhan pangan, pakaian hingga peralatan tidur. 

"Kami juga sudah mendirikan posko dan dapur umum untuk warga terdampak," katanya.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: