Pilgub Sumut

Djarot Siapkan Kartu Sumut Keluarga Sejahtera untuk Guru Madrasah

Stepanus Purba ยท Selasa, 08 Mei 2018 - 22:53:00 WIB
Djarot Siapkan Kartu Sumut Keluarga Sejahtera untuk Guru Madrasah
Djarot Saiful Hidayat di antara warga Desa Bekulap, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Selasa (8/5/2018). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

LANGKAT, iNews.id – Masalah kesejahteraan guru honorer, khususnya guru-guru madrasah akan menjadi salah satu perhatian Djarot Saiful Hidayat jika terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) periode 2018-2023 mendatang. Djarot dan Sihar Sitorus sudah menyiapkan program pemberian insentif kepada guru honorer lewat Kartu Sumut Keluarga Sejahtera.

Djarot tampak terkejut ketika mengetahui gaji yang diterima oleh guru madrasah di Kabupaten Langkat hanya sebesar Rp150.000 per bulan. Jumlah itu dinilai sangat tidak layak saat ini, dibandingkan dengan biaya kebutuhan hidup. Namun, dia meminta para guru tidak khawatir karena pasangan Djoss sudah menyiapkan program insentif kepada guru honorer, termasuk guru madrasah.

“Gaji guru honorer dan madrasah itu hanya 150.000 per bulan dan itu jauh di bawah layak. Oleh karena itu, mereka semua akan kami data dan kami berikan Kartu Sumut Keluarga Sejahtera,” kata Djarot kepada wartawan saat mengunjungi Desa Bekulap, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Selasa (8/5/2018).

Djarot mengatakan, setelah pasangan Djoss terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Sumut, mereka segera mendata jumlah guru honorer dan guru madrasah di Sumut. Setiap orang akan diminta membuat rekening bank untuk penyaluran insentif nantinya.

“Kami akan minta agar semua guru honorer dan madrasah membuat nomor rekening bank agar uang insentif tersebut betul-betul masuk kepada yang bersangkutan,” ujarnya.

Mantan wali kota Blitar dua periode itu juga mengungkapkan pentingnya peningkatan kualitas guru di Sumut ke depannya. Guru yang berkualitas tentunya sangat mempengaruhi peningkatan proses belajar mengajar di provinsi ini.

Selain itu, Djarot mengatakan, peningkatan sarana dan prasarana belajar seperti gedung sekolah, dan laboratorium di sejumlah daerah di Sumut, perlu mendapat prioritas. Kemudian, membangun sarana untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler siswa.

Editor : Maria Christina