Edy Rahmayadi Klaim BOR di Sumut Tinggal 19 Persen

Stepanus Purba · Rabu, 15 September 2021 - 09:13:00 WIB
Edy Rahmayadi Klaim BOR di Sumut Tinggal 19 Persen
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id  - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengklaim tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupation rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumut sudah turun menjadi 19 persen. Penurunan tingkat BOR ini sebagai bukti penanganan Covid-19 di Sumut terkendali dengan baik. 

Edy mengatakan pada enam minggu yawng lalu angka BOR di Sumut menembus 80 persen. Pasien Covid-19 di Sumut menurun secara signifikan selama tiga pekan terakhir. 

"Sedangkan untuk ICU (ruang rawat intensif), berada di 28 persen per hari ini. Ini bukti otentik, rakyat kita ini yang sakit semakin berkurang. Uang yang kita keluarkan untuk mengubur korban yang meninggal juga semakin sedikit. Jadi ini juga menjadi bukti kalau kondisi semakin baik," katanya.

Dengan turunnya angka BOR di Sumut, maka daerah-daerah yang selama ini masuk dalam kategori level 4 pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bisa diturunkan. Seperti di Medan, Sibolga dan Mandailing Natal (Madina).

"Iya harusnya sudah level 3 mereka itu. Cuma karena ada persoalan akurasi data saja yang akhirnya membuat mereka masih level 4," ujarnya.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2