Elpiji Oplosan Diduga Beredar di Pematangsiantar, Pertamina Periksa Agen Penyalur

Wahyudi Aulia Siregar ยท Selasa, 05 April 2022 - 19:06:00 WIB
Elpiji Oplosan Diduga Beredar di Pematangsiantar, Pertamina Periksa Agen Penyalur
Ilustrasi elpiji subsidi (Foto: Dok. MPI)

MEDAN, iNews.id - Pertamina memeriksa salah satu agen penyalur elpiji nonsubsidi di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Pemeriksaan terkait dugaan pendistribusian elpiji oplosan kepada masyarakat di daerah tersebut. 

Section Head Communication dan Relation PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara Agustiawan mengungkapkan mereka sedang memanggil agen penyalur tersebut untuk diminta keterangan.

"Pemanggilan itu dilakukan untuk pemeriksaan dan pendalaman," ujarnya, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, pemeriksaan agen penyalur ini terkait dugaan tindakan pengoplosan dari elpiji subsidi 3 kg ke elpiji nonsubsidi 5,5 kg, 12 kg dan 50 kg. Pengisian ditengarai bukan diisi ulang di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) resmi Pertamina

Informasi yang dihimpun, seharusnya agen tersebut mengisi ulang elpiji di SPPBE PT Sumber Wijaya di Perdagangan, Kabupaten Simalungun dan SPPBE PT Wanantara Dharma Satria di Kabupaten Deliserdang. Namun justru mengisi ulangnya di gudang yang beberapa waktu lalu berada di Kawasan Industri Medan (KIM) 2, Mabar, Kabupaten Deliserdang.

Menurut Agus, pemeriksaan tersebut sudah dilakukan sejak 24 Maret 2022 dan hingga kini masih berjalan. Dia belum dapat memastikan kapan pemeriksaan ini rampung tetapi berjanji akan menginformasikan ke publik.

"Jika dari pendalaman, agen tersebut terbukti bersalah, sanksi sesuai kontrak kerja sama antara PT Pertamina dengan agen yakni skorsing dan pembinaan," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: