Gegara Virus Korona, Harga Bawang Putih di Medan Naik 100%

Stepanus Purba ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 17:37 WIB
Gegara Virus Korona, Harga Bawang Putih di Medan Naik 100%
Agen bawang putih salah satu pasar tradisional di Kota Medan. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Harga bawang putih melonjak hingga 100 persen di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara. Kenaikan ini ditengarai pascapembatasan impor komoditas dari China di tengah merebaknya virus korona.

"Sekarang bawang putih harga jualnya Rp50.000 per kilogram," kata Rudi, pedagang di Pasar Tradisional Petisah Medan, Rabu (5/2/2020).

Dia mengatakan, sepekan lalu, harga bawang putih masih Rp25.000/kg. Namun selama empat terakhir, harganya terus naik hingga sekarang mencapai Rp50.000.

"Ini kan bawang putih impor, mungkin karena virus korona karena pasokannya kurang,” ucapnya.

Seorang pembeli Dedi Yusuf mengaku resah dengan adanya kenaikan harga bumbu dapur tersebut. Dia terpaksa harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli bawang putih.

“Tentunya kami sebagai pembeli jadi dirugikan kalau harga naik begini. Dulu uang segini bisa beli banyak sekarang cuma dapat sedikit,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyetop impor makanan dan minuman yang berasal dari China. Hal ini merupakan upaya pencegahan penyebaran virus korona ke dalam negeri.


Editor : Donald Karouw