Gelapkan Uang Setoran Jual Beli Kedelai Rp1,5 M, Pria asal Medan Marelan Ditangkap

Yudha Bahar ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 10:26 WIB
Gelapkan Uang Setoran Jual Beli Kedelai Rp1,5 M, Pria asal Medan Marelan Ditangkap
Pelaku penggelapan uang pembelian kedelai saat menjalani pemeriksaan penyidik Polres Pelabuhan Belawan. (Foto: iNews/Yudha Bahar)

MEDAN, iNews.id – Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan menangkap pria diduga melakukan penggelapan dan penipuan jual beli kedelai di wilayah Medan Marelan. Tak tanggung-tanggung, dia menggelapkan uang setoran mencapai sekitar Rp1,5 miliar.

Identitas pelaku diketahui bernama A Kiem, warga Jalan Platina Raya, Kelurahan Titipapan, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara. Dia diamankan berdasarkan laporan korban.

Saat diperiksa, pelaku lebih banyak terdiam. Dia bahkan menutupi wajah dengan kedua tangan saat disorot kamera wartawan.

BACA JUGA: 2 Begal Motor di Medan Modus Umpan Korban dengan Perempuan Ditembak Polisi

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan AKP Jericho Levian Chandra mengatakan, kasus dugaan penipuan dan penggelapan ini masih dalam penyidikan. Polisi telah mengamankan pelaku untuk diminta keterangan.

“Modusnya, pelaku menggelapkan uang pelanggan dan tidak disetorkan ke distributor. Uang itu dia pergunanakan untuk kepentingan dan keuntungan sendiri,” katanya.

Menurutnya, ada banyak uang milik pelanggan yang tidak disetorkan pelaku sehingga menimbulkan kerugian dan kasus ini berujung ke ranah hukum.

“Nilai kerugian kurang lebih sekitar Rp1,5 miliar. Pelaku kami jerat pasal penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara,” katanya.


Editor : Donald Karouw