Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Tarutung Tapanuli Utara

Robert Fernando H Siregar · Jumat, 12 Agustus 2022 - 00:05:00 WIB
Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Tarutung Tapanuli Utara
Ilustrasi gempa bumi (iNews.id)

TAPANULI UTARA, iNews.id - Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3,1 mengguncang wilayah Tarutung Ibukota Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara. Gempa bumi terjadi pada Kamis (11/8/2022) sekitar 21.53 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan
Darmawan mengatakan, gempa terjadi akibat subduksi lempeng di Barat pulau Sumatera. 

Hasil analisa BMKG menujukkan episenter terletak pada koordinat 1,56 Lintang Utara dan 98,95 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 kilometer Tenggara Tapanuli Tengah - Sumatera Utara pada kedalaman 72 kilometer.

Darmawan menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng di Barat Pulau Sumatera.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Tarutung II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,"sebut Darmawan kepada MPI, Kamis (11/8/2022).

Hingga Pukul 23.10 WIB, sebut Darmawan, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (Aftershock).

Kepada masyarakat, lanjut Darmawan, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: