Gempa Terkini M 3,9 di Nias Selatan, Warga Panik Berhamburan Takut Ada Tsunami

Wahyudi Aulia Siregar · Rabu, 01 September 2021 - 19:15:00 WIB
Gempa Terkini M 3,9 di Nias Selatan, Warga Panik Berhamburan Takut Ada Tsunami
Ilustrasi gempa bumi M 3,9 mengguncang Nias Selatan, Rabu (1/9/2021). (Foto: ist)

MEDAN, iNews.id Gempa terkini dengan Magnitudo (M) 3,9 yang mengguncang kawasan Nias Selatan, Sumatra Utara, Rabu (1/9/2021) petang sempat membuat warga panik berhamburan keluar rumah. Mereka khawati ada tsunami lantaran getaran gempa tersaa kuat. 

"Terasa cukup kuat memang tadi. Kami sempat ke luar rumah. Khawatir ada Tsunami, maklum kami di pinggir laut," kata warga Nias Selatan, Jalaludin Lase.

Namun, kekhawatiran Jalaludin dan warga Nias Selatan lainnya berangsur hilang setelah ada penjelasan dari pihak desa.

“Tadi ada orang dari kantor desa bilang tidak ada, baru kami tenang. Anak saya di Gunung Sitoli pun telephone. Tanya bagaimana kondisi di sini. Di sana katanya terasa gempa," ujar Jalaludin. 

Tak hanya di Nias Selatan dan Kepuluan Nias, gempa tersebut juga terasa hingga ke Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Meski tak terlalu kuat, warga di sana juga berhamburan ke luar rumah. 

"Saya tadi masih di kantor. Tiba-tiba terasa goncangan. Langsung lari lah keluar. Ternyata di luar juga sudah ramai orang berhamburan," kata Jayadi Nasution, salah seorang pengacara yang berkantor di Panyabungan, Madina. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 17:05:05 WIB.

Pusat gempa berada di kedalaman 29 kilometer pada koordinat 0.67 LU-98.52 BT atau sekitar 79 kilometer arah Timur Laut Kabupaten Nias Selatan. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: