Gubernur Sumut, Kapolda dan Pangdam Pantau Perayaan Imlek Sejumlah Wihara di Medan

Stepanus Purba · Sabtu, 25 Januari 2020 - 07:08 WIB
Gubernur Sumut, Kapolda dan Pangdam Pantau Perayaan Imlek Sejumlah Wihara di Medan
Forkopimda Sumut saat meninjau salah satu wihara di Kota Medan pada malam perayaan Imlek 2571, Jumat (24/1/2020) malam. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Kapolda Irjen Pol Martuani Sormin dan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengunjungi sejumlah wihara pada malam Perayaan Imlek 2571 di Kota Medan, Jumat (24/1/2020) malam.  Kedatangan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut ini untuk memantau situasi jalannya perayaan tahun baru tersebut.

Pantauan iNews, wihara yang dikunjungi rombongan Forkopimda Sumut yakni Wihara Borobudur di Jalan Imam Bonjol, Wihara Setia Budi di Jalan Irian Barat, Kecamatan Medan Timur dan Wihara Maitreya di Kompleks Cemara Asri. Selama pengecekan, rombongan memastikan kondisi keamanan selama ibadah dan perayaan Imlek agar berjalan kondusif.

BACA JUGA: Amankan Imlek, Polda Sumut Terjunkan 2.473 Personel

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengungkapkan agar dalam perayaan Imlek ini, ke depannya masyarakat menjadi lebih baik dan bermartabat.

"Selamat merayakan tahun baru Imlek. Semoga di tahun yang baru menjadi lebih baik. Kita doakan juga agar Sumatera Utara semakin baik, makmur dan bermartabat,” ujar Edy Rahmayadi, Jumat (24/1/2020) malam.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menegaskan, suasana perayaan malam Imlek 2571 di Kota Medan berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

"Malam ini kami mengecek tiga wihara di Kota Medan bersama Forkopimda Sumut. Semuanya berjalan aman dan kondusif," katanya.

Menurutnya, situasi yang terjadi ini bentuk terjaganya hubungan toleransi antarsesama umat beragama. Mengingat Sumut merupakan miniaturnya Indonesia.

"Sumatera Utara merupakan provinsi yang khas karena banyaknya keberagaman etnis. Kondusifnya perayaan Imlek bukti terjaganya hubungan toleransi umat beragama. Kita semua dan bersama-sama berharap suasana keamanan ini tetap terjaga dengan baik," kata Kapolda.


Editor : Donald Karouw