Gunung Sinabung Meletus Lagi Malam Ini, PVMBG Keluarkan 3 Rekomendasi

Stepanus Purba · Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:38 WIB
Gunung Sinabung Meletus Lagi Malam Ini, PVMBG Keluarkan 3 Rekomendasi
Gunung Sinabung di kabupaten karo, Sumut meletus. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.idGunung Sinabung di Sumatera Utara kembali meletus, Kamis (13/8/2020) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Namun, tinggi kolom abu tidak teramati akibat tertutup kabut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana geologi (PVMBG) mencatat sepanjang Kamis ini, gunung yang berada di Kabupaten Karo telah enam kali meletus. Erupsi pertama terjadi pukul 06.07 WIB dengan ketinggian kolom abu mencapai kurang lebih 1.000 meter dari puncak.

Berselang dua jam kemudian, Gunung Sinabung erupsi kedua kembali dengan menyemburkan abu vulkanis setinggi 2.000 meter pada pukul 08:31 WIB. Sedangkan erupsi ketiga terjadi pukul 13.08. Tiga jam berselang tepatnya pukul 15.41 WIB, gunung tersebut kembali meletus namun visual tidak teramati. Beberapa jam kemudian tepatnya pukul 20.15, Sinabung kembali erupsi namun visual tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 70 mm dan durasi 3045 detik.

Terkait tiga letusan beruntun, PVMBG masih mengeluarkan rekomendasi yang sama agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi. Begitupun untuk lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker untuk mengurangi dampak gangguan kesehatan. Masyarakat yang berada dan bermukim dekat sungai yang berhulu di Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tulis PVMBG dalam keterangannya, Kamis (13/8/2020).

Terkait erupsi tersebut PVMBG mengeluarkan tiga rekomendasi:

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.


Editor : Kastolani Marzuki