Hari Ini Operasi Lilin Dimulai, Polda Sumut Kerahkan 7.750 Personel

Stepanus Purba ยท Jumat, 21 Desember 2018 - 15:40:00 WIB
Hari Ini Operasi Lilin Dimulai, Polda Sumut Kerahkan 7.750 Personel
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto saat menginspeksi pasukan gabungan di Mapolda Sumatera Utara, Jumat (21/12/2018).

MEDAN, iNews.id - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, Polda Sumatera Utara (Sumut) memulai Operasi Lilin Toba, Jumat (21/12/2018). Sebanyak 7.750 personel disiagakan untuk bertugas mengamankan perayaan Natal dan momen pergantian tahun.

Dalam rangka menggelar operasi lilin, pihak kepolisian menggelar apel pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, di lapangan KS Tubuan Mapolda Sumut.

Operasi lilin ini berlangsung sejak 21 Desember 2018 - 1 Januari 2019. Kapolda Agus mengatakan, sebanyak 7.750 personel diturunkan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 603 dari satuan tugas Polda, dan 7.147 merupakan personel dari satuan wilayah.

"Serta ada dukungan dari sejumlah aprat pengamanan lainnya," kata Agus dalam apel gelar pasukan di lapangan KS Tubuan Mapolda Sumut.

Sejumlah aparat pengamanan tersebut, kata dia, dari prajurit TNI, jajaran pemerintah daerah (pemda), jasa marga, pertamina dan stakeholder lainnya.

"Untuk memastikan arus mudik dan balik berjalan aman," ujar dia.

Tak hanya itu, Agus juga mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan jajaran pemerintah pusat, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, BPOM, KPPU dan Perum Bulgo.

Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersedian dan stabilitas harga bahan pokok di di masyarakat terjamin. Upaya tersebut akan terus dilakukan sepanjang pelaksanaan operasi lilin 2018 berlangsung.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal