Harimau Sumatera Terlihat di Kawasan Gunung Sibayak Karo

Stepanus Purba ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:59:00 WIB
Harimau Sumatera Terlihat di Kawasan Gunung Sibayak Karo
Harimau Sumatera (Foto: Dokumen iNews.id)

MEDAN, iNews.id - Seekor harimau dikabarkan terlihat di kawasan Gunung Sibayak tepatnya di Taman Hutan Raya (Tahura) beberapa waktu lalu. Dari informasi yang diperoleh, satwa langka tersebut beberapa kali menampakkan dirinya ke masyarakat dan petugas yang berjaga di kawasan wisata tersebut.

Dari informasi yang dhimpun, penampakan harimau tersebut pertama kali pada tanggal 29 Agustus 2020. Saat itu petugas pemungut retribusi pendakian Gunung Sibayak melihat seekor harimau melintas di jalan menuju pos pendakian Gunung Sibayak.

Lalu, pada tanggal 30 Agusutus 2020, seorang warga yang tengah mencari tanaman obat di kawasan Tahura melihat harimau tersebut. Terakhir, pada tanggal 30 September 2020, pengunjung yang sedang mengendarai mobil menuju pos pendakian Gunung Sibayak dikejar oleh harimau tersebut.

Ashido mengatakan, pihaknya saat ini meningkatkan patroli di tempat satwa tersebut.

“Kami juga sudah bekerjasama dengan pihak KSDA dan WCS. Kami juga sudah memasang camera trap guna memastikan keberadaan satwa tersebut,” ujar staf UPT Tahura, Ashido Mulia Munthe, Rabu (14/10/2020).

Ke depan, jika sudah mengetahui keberadaan satwa tersebut, pihak UPT Tahura akan memasang perangkap untuk merelokasi satwa liar tersebut. Langkah ini dinilai akan memberikan rasa aman kepada wisatawan.

“Kami juga sebagai pihak Tahura akan menciptakan kondisi nyaman bagi buat pengunjung maupun wisatawan yang melintas,” ucapnya.

Terpisah, Humas Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Andoko Hidayat membenarkan hal itu. Pihaknya kini sedang mengumpulkan data-data guna memastikan keberadaan satwa yang dilindungi tersebut.

“Kami juga sudah memasang tiga kamera di beberapa titik lintasan harimau tersebut. Tim kami juga sudah turun ke lapangan. Jadi saat ini kami masih mengumpulkan data-datanya dulu,” ujarnya.


Editor : Stepanus Purba